†EVILIOTIC CONSPIRACY† ADMIN ADITYA PANGLEJAR SUKMA WIJAYAADMIN ADITYA PANGLEJAR SUKMA WIJAYA †EVILIOTIC CONSPIRACY†

Minggu, 30 September 2012

PERANAN DAN FUNGSI LEMBAGA KERJASAMA BIPARTIT

PERANAN DAN FUNGSI LEMBAGA KERJASAMA BIPARTIT

Lembaga kerjasama Bipartit adalah satu forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah antara wakil pekerja dan wakil pengusaha di Perusahaan untuk membicarakan dan membahas masalah – masalah hubungan industrial dan kondisi kerja pada umumnya. Fungsi utama lembaga kerjasama (LK) atau Forum Bipartit adalah menciptakan ketenangan kerja supaya dapat menjamin
 kelangsungan perusahaan dan meningkatkan produktifitas kerja, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya.
Disamping itu, LK Bipartit dapat berfungsi memberikan saran – saran atau mempersiapkan rancangan peratruran perusahaan. Wakil pekerja yang duduk di LK Bipartit dapat juga berperan sebagai mitra pengusaha dalam mengkonsultasikan peraturan perusahaan. Demikian juga bila sudah terbentuk serikat dan perlu merumuskan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). LK Bipartit dapat berfungsi sebagai forum komsultasi untuk memberikan saran – saran atau mempersiapkan bahan bagi Tim Perunding merumusan PKB.
Tergantung dari jumlah pekerja, kondisi kerja, kompleksitas perusahaan, jenis produksi dan teknologi. LK Bipartit dapat juga dibebani fungsi dan tanggung jawab sebagai pelaksana atau coordinator berbagai program, misalnya program keselamatan dan kesehatan kerja, koperasi karyawan, gugus kendali mutu dan lain – lain.
Setiap perusahaan yang mempekerjakan 5 orang atau lebih wajib membentuk LK Bipartit. Anggota LK Bipartit sendiri dari wakil pekerja dan wakil pengusaha. Jumlah wakil dari masing – masing pihak, tergantung pada ruang lingkup fungsi dan tugas yang dilaksanakan dibebankan pada Lembaga Bipartit tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar