Mohon Perhatian

kami sedang melakukan maintance atau perawatan, mungkin akan banyak yang berubah dan proses perawatanya berjalan lamban karna keterbatasan kami, kami sedang mengupload beberapa file lama ke akun media file share yang baru, kami tetap menggunakan file share 4shared tuk berbagi file dengan anda. maaf atas ketidak nyamanannya atas matinya link download , dan beberapa postingan saya hasil copas mungkin akan saya hapus, dikarnakan saya rasa itu suatu kesalahan karna tidak mencantumkan narasumber terkait, saya akan mencoba membangun kembali blog ini sebagai bloger tentang hoby saya dan pengalaman hidup saya, saya akan sharing pengalaman entah itu game maupun kisah hidup saya sendiri, dikarenekan blog ini bukan blog buat tugas sekolah lagi saya akan memposting sesuatu dengan bahasa saya sendiri, mohon doa dan dukunganya ya bagi para pengunjung blog saya, meskipun saya yakin yang ngunjungin cuman numpang lewat dan gak sering berkunjung heheheheh mohon dukunganya dengan datang ke halaman fanpage saya di Facebook, like dan share ya, terimakasih sudah mau membaca pemberitahuan dari kami, dan kami sangat mengharapkan dukungan dari kalian supaya lebih semangat ngeblogernya, apalah artinya suatu blog tanpa kalian pengunjung, kami sangat berharap kalian dapat memberikan dukungan dan masukan positif kepada kami , kami menunggu kebaikan kalian ^_^ https://www.facebook.com/EVILIOTICCONSPIRACY/

Minggu, 30 September 2012

PERANAN DAN FUNGSI LEMBAGA KERJASAMA BIPARTIT

PERANAN DAN FUNGSI LEMBAGA KERJASAMA BIPARTIT

Lembaga kerjasama Bipartit adalah satu forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah antara wakil pekerja dan wakil pengusaha di Perusahaan untuk membicarakan dan membahas masalah – masalah hubungan industrial dan kondisi kerja pada umumnya. Fungsi utama lembaga kerjasama (LK) atau Forum Bipartit adalah menciptakan ketenangan kerja supaya dapat menjamin
 kelangsungan perusahaan dan meningkatkan produktifitas kerja, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya.
Disamping itu, LK Bipartit dapat berfungsi memberikan saran – saran atau mempersiapkan rancangan peratruran perusahaan. Wakil pekerja yang duduk di LK Bipartit dapat juga berperan sebagai mitra pengusaha dalam mengkonsultasikan peraturan perusahaan. Demikian juga bila sudah terbentuk serikat dan perlu merumuskan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). LK Bipartit dapat berfungsi sebagai forum komsultasi untuk memberikan saran – saran atau mempersiapkan bahan bagi Tim Perunding merumusan PKB.
Tergantung dari jumlah pekerja, kondisi kerja, kompleksitas perusahaan, jenis produksi dan teknologi. LK Bipartit dapat juga dibebani fungsi dan tanggung jawab sebagai pelaksana atau coordinator berbagai program, misalnya program keselamatan dan kesehatan kerja, koperasi karyawan, gugus kendali mutu dan lain – lain.
Setiap perusahaan yang mempekerjakan 5 orang atau lebih wajib membentuk LK Bipartit. Anggota LK Bipartit sendiri dari wakil pekerja dan wakil pengusaha. Jumlah wakil dari masing – masing pihak, tergantung pada ruang lingkup fungsi dan tugas yang dilaksanakan dibebankan pada Lembaga Bipartit tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar